Posted by: Qodarian Pramukanto | 22nd Aug, 2014

Dukung Kota Sejuta Taman, IPB Inisiasi Taman Terapi Mandiri Diabetes

tamanres

.

 

Sejak tahun 2009, Institut Pertanian Bogor (IPB) menggelar Jum’at Keliling (Jumling) ke desa-desa lingkar kampus IPB. Tahun ini, IPB kembali menggelar Jumling perdana tahun 2014 di Kelurahan Situ Gede, Kecamatan Bogor Barat (30/5).

IPB memaknai Jumling sebagai bagian dari Tri Dharma Perguruan Tinggi di bidang Pengabdian kepada Masyarakat. Sejak awal digulirkan, Jumling IPB telah memberdayakan desa-desa disekitarnya mulai dari kegiatan penyuluhan, pendampingan, pemberdayaan masyarakat, posdaya, guru pemantau jentik nyamuk, pelatihan operator fogging, dan lain-lain.Salah satu upaya yang sukses dilakukan dalam kemitraan yang terjalin antara IPB dengan desa sekitarnya adalah dengan adanya posdaya. Posdaya yang ada di Kelurahan Situ Gede adalah Posdaya Kenanga. Di Posdaya Kenangan, warga bisa dengan mudah mengakses pelayanan posyandu bagi Balita dan Lansia, kurikulum PAUD, dan para gurunya pun mendapat pembinaan langsung dari IPB, produk-produk dari UMKM mendapatkan pelatihan pengurusan PIRT, pemetaan kesehatan warga, penanaman sayuran vertikultur, budidaya jamur tiram juga berbagai kegiatan lainnya.“Yang terbaru adalah adanya Taman Terapi Mandiri Diabetes di Posdaya Kenanga. Ini merupakan bentuk dukungan IPB terhadap program pemerintah Kota  Bogor yang mencanangkan Kota Sejuta Taman. Melalui Jumling dan Posdaya IPB berencana untuk mengembangkan taman serupa di desa-desa lainnya,” ujar Dr.drh. Rachmat Hidayat, selaku Koordinator Jumling 2014.
Taman ini didesain khusus bagi penderita Diabetes Melitus dimana tanaman yang dibudidayakan adalah tanaman obat untuk penderita diabetes. Adapun beberapa tanaman yang bisa ditanam dalam taman ini adalah Asam Kandis, Brotowali, Bawang Merah, Bawang Putih, Buncis, Daun Kari, Daun Sendok, Jagung, Jahe, Jambu Biji, Jeruk Purut, Jombang, Keji Beling, Kumis Kucing, Kunyit, Labu Parang, Lamtoro, Lidah Buaya, Mahoni, Maja, Mengkudu, Pare, Pulai, Rambutan, Salam, Sambiloto, Sirih dan Tapak Dara.Selaku Ketua Yayasan Damandiri, Prof. Haryono Suyono mengapresiasi keberhasilan posdaya yang dibina IPB, salah satunya Posdaya Kenanga di Situ Gede. “Melihat keberhasilan yang ada di Posdaya Kenanga ini, saya berani memberikan pelatihan bagi 16 kelurahan di Bogor Barat agar bisa mereplikasi Posdaya Kenanga binaan IPB ini,” ujarnya.
Hadir pula dalam kegiatan ini Rektor IPB, Prof. Dr. Ir. Herry Suhardiyanto, Sekretaris Camat Bogor Barat, Budiman, Lurah Situ Gede, Andi, S.IP, Kepala LPPM IPB, Dr. Ir. Prastowo, penggagas Taman Terapi Mandiri Diabetes dari Pusat Studi Biofarmaka IPB, Ir. Qodarian Pramukanto, MSi dan tim.(zul). [pdf] [doc]

 

Link:
LIONMAG, Rabu 4 Juli 2014 [pdfACDSeePrint Job

 

 

 

 

Leave a response

Your response:

Categories