Posted by: Qodarian Pramukanto | 3rd Mar, 2019

Master Plan Ekowista Bahari Kawasan Pantai Pulisan

COVER
Pantai Pulisan di desa Pulisan, kecamatan Likupang Timur, Kabupaten Minahasa Utara merupakan kawasan pesisir yang kaya sumberdaya alam baik terestrial maupun aquatik. Kualitas sumberdaya alam terestrial dan akuatik kawasan pantai Pulisan mempunyai spektrum dari yang sensitif (fragile) hingga yang tidak sensitif.  Beberapa kawasan sensitif antara lain lokasi selam (diving site), formasi terumbu karang, formasi padang lamun dan kawasan hulu sungai atau saluran drainase alami. Sedangkan kawasan yang tidak sensitif, antara lain merupakan bagian tertentu dari pantai (beach) yang tidak terdapat formasi terumbu karang atau padang lamun.

Keberadaan sumberdaya alam dengan kualitas dan nilai intrinsict tersebut merupakan potensi yang dapat dikembangkan dalam bentuk pemanfaatan jasa lingkungan (wisata) dengan arahan yang sesuai dengan karakteristiknya. Pengembangan ekowisata yang berorientasi pada potensi sumberdaya alam (supply side) ini harus dilakukan secara hati-hati. Karakteristik sumberdaya ekowisata ini menjadi penentu dalam pengembangan objek dan daya tarik ekowisata. Oleh karena itu bentuk pengalaman berwisata yang akan diperoleh pengunjung sangat tergantung pada pada karakteristik sumberdaya ekowisata dan juga karakteristik wisatawan.

Studi yang dituangkan berupa dokumen Master Plan Kawasan Ekowisata Pantai Pulisan, Desa Pulisan, Kecamatan Likupang, Kabupaten Minahasa Utara ini terlaksana atas kesempatan dan dukungan dari Corpotrate Social Responsibility Departement, PT. Meares Soputan Mining – PT Tambang Tondano Nusajaya.  Ucapan terima kasih kami dihaturkan atas kepercayaan dan kesempatan yang diberikan untuk menyusun dokumen.  Semoga kajian yang dilakukan sebagai salah satu dari sekian banyak upaya pengembangan program lainnya yang dilakukan oleh PT MSM-PT TTN ini dapat menjadi acuan dan arahan dalam pengembangan wisata pantai kawasan Pulisan, sehingga dapat bermanfaat bagi perusahaan, masyarakat, pemerintah daerah, maupun pihak terkait lainnya.

01_Bukit Pulisan-3
Pemandangan perairan dari bukit Pulisan sebagai Selfie spot
02_Pantai Pulisan
Aktivitas wisata dan rekreasi di Pantai Pulisan
03_VIew Bukit Pulisan-s
Pemandangan pesisir Pantai Pulisan
04_VIew pantai_Pulisan-s
Pantai pasir putih di bagian Timur Pantai Pulisan
05_Pantai Peteluran Penyu-2
Pantai Pulisan habitat penyu bertelur
07_Dive Site-2-s
Batu Mandi, salah satu dari lima titik penyelaman (dive spot) di perairan pantai Pulisan
08-GATE_PULISAN_VILLAGE-s
Gerbang Desa Pulisan, sebagai akses masuk menuju kawasan wisata bahari Pantai Pulisan
12_view_tanjung_pulisan-s
Tanjung Pulisan, ujung “tanduk” semenanjung pantai Pulisan
13_view_tanjung_pulisan-s
Tanjung Pulisan
16_Dive Site-3-s
Diving site Batu Pendita, kawasan Pantai Pulisan
20_View_pantai_pulisan-s
View beberapa semenanjung di kawasan pesisir Pantai Pulisan

Comments are closed.

Categories