Posted by: Qodarian Pramukanto | 2nd Dec, 2019

Seminar Laporan Akhir Pengembangan Kawasan Pariwisata Provinsi: KSPP Pangkalpinang – Mendo Barat – Bangka Tengah dan Sekitarnya

WhatsApp Image 2019-11-27 at 10.40.05
WhatsApp Image 2019-11-27 at 10.40.02
PANGKALAN BARU, BANGKA TENGAH –  Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), melalui Bidang Destinasi Pariwisata menggelar Seminar Laporan Akhir Rencana Induk Rencana Aksi Kawasan Strategi Pengembangan Pariwisata (KSPP) Kota Pangkalpinang, Mendo Barat, Kabupaten Bangka, Kabupaten Bangka Tengah dan sekitarnya.

Kegiatan tersebut, dilaksanakan di Ballroom Soll Marina Hotel, Pangkalan Baru, Rabu (27/11/2019) pagi.

Pada kesempatan itu, Kepala Disbudpar Babel, Rivai mengatakan, pembangunan pariwisata Babel pada dasarnya memiliki 4 prinsip utama, yakni: Pertama, Bertanggungjawab; Kedua, Terpadu; Ketiga, Berbasis pemberdayaan masyarakat; Keempat, pengembangan destinasi pariwisata harus memiliki identitas lokal dan tentunya harus berdaya saing global.

“Keempat prinsip tersebut, merupakan satu kesatuan dan harus dapat dikembangkan secara terpadu untuk mewujudkan pembangunan sektor pariwisata di Babel dengan tetap memperhatikan potensi sumber daya alam, keanekaragaman, keunikan dan kekhasan budaya lokal Babel,” jelas Rivai.

Rivai menuturkan, pembangunan pariwisata merupakan tanggungjawab bersama. Menurutnya, sinergitas lintas sektor, stakeholder dan masyarakat dalam pengembangan pariwisata Babel tentunya akan mempercepat pembangunan pariwisata yang berkelanjutan.

Ia mengharapkan, proses pembangunan pariwisata di Babel, dapat didukung oleh sumber daya manusia pariwisata yang kompeten. Rivai mengingatkan, agar sumber daya manusia di sektor ini, harus memiliki mindset yang berdaya saing global. Selain itu, harus mampu berkompetisi dan tanggap terhadap perubahan di sektor pariwisata.

Di kegiatan ini, disampaikan Draft Laporan Akhir Rencana Induk dan Rencana Aksi KSPP Pangkalpinang, Mendo Barat Kabupaten Bangka, dan Kabupaten Bangka Tengah dan sekitarnya.

Laporan akhir tersebut, memuat laporan dalam dua kategori, yakni  rencana induk dan rencana aksi, dimana rencana induk terdiri dari rencana fisik dan non fisik, sedangkan rencana aksi yang memuat tema primer dan sekunder KSPP.

Turut hadir pada seminar tersebut, perwakilan dari Institut Pertanian Bogor, Qodarian Pramukanto, perwakilan Balai Konservai Sumber Daya Alam (BKSDA) Babel, Septian, perwakilan Pusat Perencanaan dan Pengembangan Kepariwisataan (P2Par) Institut Teknologi Bandung, Ina Herliana Koswara, sejumlah peserta dari unsur pemerintah Provinsi, Kabupaten/Kota di Babel dan unsur terkait lainnya.

Sumber: HumasPro
Penulis: Agus Purnama/Imelda
Fotografer: Imelda
Editor: Ahmad
Bidang Informasi: Humas
Link: http://humas.babelprov.go.id/content/disbudpar-babel-gelar-seminar-laporan-akhir-kspp?qt-berita=0

Comments are closed.

Categories