Posted by: Qodarian Pramukanto | 5th Mar, 2019

Site Plan dan DED Fasilitas Industri Berbasis Kelautan, Buli, Haltim

cover2
Halamahera Timur merupakan kabupaten yang sebagian besar wilayahnya dikelilingi oleh perairan laut Halmahera dan Samudera Pasifik.  Perairan yang berada kawasan pesisir Buli, Kecamatan Maba ini  kaya akan hasil perikanan laut.  Data produksi perikanan pada tahun 2016 mencapai 12.036,60 ton dengan jumlah rumah tangga perikanan tangkap sebanyak 1.447 (BPS, 2017).  Ikan teri merupakan salah satu komoditas ikan yang melimpah di wilayah tersebut.  Komoditas ini cukup banyak diperdagangkan di pasar Buli, pasar Ternate, dan bahkan telah tersebar sampai pada beberapa wilayah di Indonesia antara lain Manado, Makasar, Surabaya dll.

Pengembangan komoditas berbasis kelautan, khususnya ikan teri ini sangat potensial jika dipusatkan di wilayah Buli.  Selain didukung oleh potensi tenaga kerja yang banyak, wilayah ini juga didukung oleh fasilitas terutama akses pasar yang lebih terbuka.  Oleh sebab itu perlu dilakukan identifikasi potensi, sumberdaya dan jaringan pemasaran untuk pengembangan industrialisasi ikan teri dan produk turunan.

Sebagai bentuk kepedulian kepada masyarakat, PT. ANTAM Tbk. yang bekerjasama dengan LPPM IPB mewujudkan program industrialisasi komoditas ikan teri dalam bentuk membangun fasilitas pengolahan teri dan turunannya.  Fasilitas ini mengakomodasikan aktivitas pengolahan bahan baku teri kering dan teri basah menjadi produk olahan dengan kemasan yang mengusung brand lokal.    Salah satu kegiatan tersebut adalah penyusunan dokumen Site Plan dan Detail Engineering Design (DED) Fasilitas Pengolahan Teri.  Dokumen Site Plan dan DED ini dituangkan berupa gambar berikut ini:
1.  Konsep Tata Ruang Tapak
2.  Zonasi
3.  Site Plan
4.  Rencana Bangunan/Struktur (Building/Structure Plan)
5.  Rencana Sirkulasi (Sirculation Plan)
6.  Rencana Tata Hijau (Planting Plan)
7.  Gambar Rencana Teknis (DED): Denah Lantai, Tampak,
Potongan, Rencana Atap, Rencana Pondasi, Rencana
Pola Lantai, Denah Pembalokan, Rencana Air Bersih,
Rencana Utilitas, dan Rencana Listrik.

.
1.  Konsep Tata Ruang Tapak
.
2. Zonasi
.
3. Site Plan
.
4. Rencana Bangunan/Struktur (Building/Structure Plan)
.
5.  Rencana Sirkulasi (Sirculation Plan)
.
6.  Rencana Tata Hijau (Planting Plan)

Comments are closed.

Categories