Posted by: Qodarian Pramukanto | 28th Aug, 2019

MASTER PLAN PERGURUAN TINGGI KABUPATEN KEPULAUAN MENTAWAI

jaraik

Jaraik

header2
Kabupaten Kepulauan Mentawai adalah salah satu daerah yang membutuhkan keberadaan Perguruan Tinggi di wilayah administratifnya. Keberadaan Perguruan Tinggi tersebut diharapkan menjadi solusi dalam salah satu persoalan utama pembangunan sumber daya manusia di Kepulauan Mentawai yang tercatat didalam dokumen Sustainable Development Goals (SDG’s) (Bappeda, 2016), bahwa Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Kabupaten Kepulauan Mentawai tertinggal 33 tahun dari capaian Sumatera Barat. Kendala geografis dan ekonomi adalah persoalan utama sehingga hanya sedikit generasi muda Kabupaten Kepulauan Mentawai yang sanggup melanjutkan pendidikan ke jenjang sarjana di perguruan tinggi  di daerah-daerah lain. Umumnya para generasi muda tersebut melanjutkan studi ke level diploma ataupun sarjana melalui sponsor seperti beasiswa institusi keagamaan dan pemerintah daerah.

Sejalan dengan pemikiran di atas, maka Pemerintah Kabupaten Kepulauan Mentawai menganggap perlu untuk mendirikan perguruan tinggi sesuai dengan kebutuhan daerah.  Perguruan tinggi yang dianggap sesuai untuk keperluan ini adalah perguruan tinggi yang menyelenggarakan program pendidikan yang lebih bersifat aplikatif (terapan). Perguruan tinggi ini dirancang untuk mengembangkan dan memperkuat potensi pariwisata, perikanan, pertanian, dan sumber daya alam lainnya. Sistem pengelolaan, proses belajar mengajar, sumber daya manusia, sarana dan prasarana, dan program vokasi dan profesi dirancang sedemikian rupa untuk mengantisipasi IPTEK serta kebutuhan sumber daya manusia berkualitas dengan kompetensi teruji di Kabupaten Kepulauan Mentawai pada khususnya dan kebutuhan tenaga kerja di Indonesia pada umumnya.

Tujuan dari kegiatan ini adalah melakukan penyusunan masterplan pengembangan perguruan tinggi di wilayah Kabupaten Kepulauan Mentawai, yang sangat berpotensi untuk peningkatan sumber daya manusia serta berpotensi sebagai komponen yang mampu mempercepat peningkatan kegiatan ekonomi. Kegiatan ini diharapkan menghasilkan dokumen dan berbagai hal yang diperlukan untuk pengembangan perguruan tinggi legal dengan prinsip pembangunan yang berkelanjutan.

Model

Transformasi Tata Ruang

Model

Zonasi Tapak

Model

Master Plan Polisandia

MP_POLISANDIA-001

Administration Core dan Academic Core

MP_POLISANDIA-003

Simulasi 3D Master Plan Polisandia (Barat Daya)

MP_POLISANDIA-004

Simulasi 3D Master Plan Polisandia (Selatan)

MP_POLISANDIA-005

Simulasi 3D Master Plan Polisandia (Barat Laut)

MP_POLISANDIA-006

Simulasi Master Plan Polisandia (Tampak)

Comments are closed.

Categories