Posted by: Qodarian Pramukanto | 3rd Jun, 2021

ARL315 LANSKAP AGROWISATA

K-12, K-13 & K-14 ARL 315 ASSIGMENT: PRESENTASI PAPER
.
.
Periode                :   25 Mei, 1 Juni dan 8 Juni 2021

Team Teaching :   1.  Qodarian Pramukanto (Coordinator)
2.  Vera Dian Damayanti

A.  TUGAS/ASSIGMENT

Buatlah paper dengan tema: “Pengembangan/Pemanfaatan Agrowisata pada kawasan pertanian dalam arti luas (pertanian atau peternakan atau perikanan atau kehutanan), baik pada kawasan eksisting atau kawasan terlantar (lahan pasca tambang, wasteland dsb) atau kawasan pelestarian pertanian tradisional”.

B. PERSYARATAN

1. Umum

Secara umum paper yang ditulis harus menggambarkan adanya nilai penting karekteristik lanskap pertanian dalam arti luas (pertanian atau peternakan atau perikanan atau kehutanan) yang ada.  Selain itu juga mengungkapan gagasan bagaimana upaya pengembangan/pemanfaatan sumberdaya pertanian dalam arti luas dalam bentuk agrowisata yang dapat mendukung fungsi pelestarian kawasan pertanian dan bersinergi dengan masyarakat sebagai subjek (share holder) dalam pengembangan atau pemanfaatan sumberdaya pertanian berupa agrowisata.

Pengembangan atau pemanfaatan agrowisata merupakan salah satu bentuk pengembangan/ pemanfaatan jasa lingkungan berbasis pertanian (agro-based services) yang tidak bersifat eksploitasif, namun memberikan nilai tambah (added value) dalam fungsi pelestarian maupun manfaat ekonomi dan sosial bagi masyarakat lokal.

2. Khusus

Selain mengemukakan gagasan, paper juga menggambarkan keadaan eksisting tata ruang lanskap agrowisata (jika tersedia sertakan peta kawasan atau ilustrasi lain), yang terdiri atas objek dan daya tarik agrowisata: baik on-farm (kebun, kandang, kolam), off-farm (hulu, hilir), dan pendukung, seperti: jalur sirkulasi, kantor/pengelolaan, rambu-rambu (signage system), stopping area,     akomodasi, utilitas (penerangan, pagar, air bersih, mck dsb).

3. Studi kasus

Paper dan presentasi disusun dengan mengambil studi kasus, baik pada kawasan eksisting atau kawasan terlantar (lahan pasca tambang, wasteland dsb) atau kawasan pelestarian pertanian tradisional yang perlu dilestarikan.

Tentukan kasus yang anda anggap sesuai dengan tema dan didukung dengan     ketersediaan data/informasi sekunder.  Data/Informasi dapat diperoleh dari sumber-sumber, seperti buku, laporan skripsi, tesis, laporan penelitian, artikel jurnal ilmiah, majalah, baik dalam bentuk     elektronik file atau printed material, dengan tidak lupa mencantumkan sumbernya pada setiap kutipan, data, ilustrasi (gambar, tabel, sketsa atau data/informasi lainnya) dan menyertakan dalam daftar pustaka.

Beberapa studi kasus yang dapat digunakan, antara lain: Taman Buah Mekarsari, Taman Bunga Nusantara Cipanas, Agrowisata Gunung Mas, Agrowisata Batu Malang, Suku Baduy (Desa Kanekes), Kampung Naga (Tasikmalaya), Kampung Urug (Cigudeg), Desa Malasari, Kampung Adat Kuta (Ciamis), Kampung Adat Cigugur (Kuningan), Kasepuhan Ciptagelar, Kampung Adat Kasepuhan Sinar Resmi (Sukabumi), Suku Sasak (Desa Sade, Lombok), Sawah Lodok/Lingko/Spider Web (Desa Cancar, Manggarai, NTT), Subak Village (Bali), desa/kampung agrowisata sejenis lainya.

C. PENGUMPULAN TUGAS PAPER SUBMISSION    

1. Tugas dikumpulkan berupa bahan presentasi dan paper.
2.  Presentasi dilakukan sebagai bagian (progress) dalam rangka penyusunan paper.  Setiap kelompok (terdiri atas 5-6 mahasiswa) akan  mempresentasikan Progress Paper -1 pada: Selasa, 8 Juni 2021 dan 16 Juni 2021.  Jadwal kelompok presentasi akan diinformasikan kemudian.
Bahan presentasi dibuat berupa file ppt atau pdf dan diunggah ke folder yang tersedia di LMS:   “SUBMISSION FODER: ASSIGMENT PRESENTASI PAPER ARL315 2021”.   Tenggat periode pengumpulan 2 Juni 2021, pukul 23.55 WIB.
3.  Paper yang telah dipresentasikan selanjutnya disempurnakan, disusun, dan dituangkan menjadi Progress Paper Final sebanyak 6 – 8 halaman (1.5 spasi, font Arial 12) berupa file MS-Word (*.docx) atau pdf dengan penulisan nama file, sbb: nomorkelompokmhs.docx atau nomorkelompokmhs.pdf.
Ukuran file yang di upload maksimal: 10 Mb.   Pengumpulan dilakukan dengan mengunggah file tersebut ke folder yang tersedia di LMS pada: 23 Juni 2021; Jam 23.55 WIB

SELAMAT BEKERJA, SEMOGA SUKSES, AAMIIN

.
Link to handout: [LMS]

Comments are closed.

Categories